Begini 8 Cara Merawat Aki Mobil yang Baik dan Benar

Info Mobil Indonesia – Aki merupakan salah satu komponen dari kendaraan yang amat penting bagus itu motor atau mobil. Sebab aki berfungsi untuk menyalurkan kekuatan listrik ke komponen yang lain nya seperti starter, lampu, dan lain nya. Namun dari beberapa orang yang mempunyai kendaraan amat tak terlalu menghiraukan komponen yang amat terutamanya ini.

Banyak orang yang hampir tak pernah mengecek aki kendaraannya. Pada dasar nya aki juga patut di rawat supaya aki yang ada pada kendaraan anda dapat awet dan dapat bertahan lama tanpa kendala apa saja.

Aki berfungsi sebagai penyalur kekuatan listrik atau sumber listrik melainkan aki juga mempunyai fungsi lain adalah sebagai sumber listrik untuk metode kelistrikan yang terdapat pada mobil dikala mesin mobil sedang mati.

Kalau mesin mobil akan di hidupkan kembali karenanya aki sepenuhnya telah di gantungan dengan charging metode pada mobil. Pentingnya aki untuk kendaraan anda atau untuk mobil anda karenanya memang amat perlu dikerjakan perawatan. Sebab untuk anda yang kurang merawat aki mobil anda karenanya akan berimbas pada umur aki.

 

8 Cara Merawat Aki Mobil

Berikut adala 8 cara Merawat Aki Mobil yang paling tepat dan benar, simak informasi selengkapnya berikut ini:

 

1. Memeriksa Terminal Aki

Langkah berikutnya sistem merawat aki mobil merupakan dengan memeriksa terminal aki. Anda sebagai pemilik mobil dapat memeriksanya dengan sistem visual adalah pastikan terutama dulu bahwa terminal aki tak berkarat, terminal aki tak berjamur, dan terminal aki tak mengalami kelonggaran.

Kalau aki mobil anda mengalami jamuran dan berkarat karenanya anda dapat membersihkan aki mobil anda, kalau anda mau membersihkan nya karenanya sistem nya amat gampang adalah dengan mengaplikasikan air panas. Jamur akan lebih gampang sirna kalau anda siram dengan air panas.

Dan bila terminal aki anda mengalami kelonggaran atau kendor karenanya terutama nya anda patut mengencangkan terminal aki anda terutama dulu, bila telah tak mungkin untuk di cepat kan karenanya anda dapat mengganti dengan terminal aki yang baru.

 

2. Memeriksa Jumlah Elektrolit Aki

Untuk permulaan awal dalam merawat aki kendaraan secara khusus aki mobil merupakan anda dengan rutin memeriksa jumlah elekrolit aki mobil anda. Hal ini amat gampang di lakukan , pada dasarnya anda cuma menjalankan pemeriksaan selama satu bulan sekali.

Sekiranya aki berkurang atau berada di bawah garis low tahapan karenanya itu membuktikan bahwa garis yang telah berada di low berarti elektrolit aki telah berkurang dan memerlukan tambahan air aki.

Dalam cara kerja penambahan atau pengurangan aki karenanya elektrolit baterai sangatlah penting untuk menolong pengerjaannya, bila jumlah aki kendaraan anda jumlahnya telah berkurang karenanya anda dapat menikmati bahwa aki anda akan mengalami permasalahan.

Untuk dikala ini yang paling acap kali terjadi merupakan aki tekor dan kendaraan anda tak akan dapat di hidupkan sebab elektrolit telah tak menampung baterai.

 

3. Memeriksa Cara Pengisian

Sistem merawat aki mobil yang amat simpel untuk memeriksa metode pengisian merupakan cuma dengan mengamati indikator pada baterai aki yang ada pada dashbord mobil, pada dikala kunci dalam kondisi on dan mesin mati karenanya baterai akan menyala.

Dan bila anda menghidupkan mesin kendaraan anda karenanya gambar baterai pada aki mobil akan mati. Kalau mesin mobil dalam kondisi hidup dan gambar baterai baterai aki mobil konsisten hidup karenanya aki mobil anda mengalami keadaan sulit pada metode pengisiannya.

Karenanya anda patut lebih hati – hati dan usahakan untuk menjalankan service pada metode pengisian di bengkel langganan anda. Kecuali menjalankan service karenanya dapat di lakukan dengan sistem lain adalah melepas terminal negatif pada baterai aki dikala mesin mobil anda di hidupkan.

Dan bila mesin mobil anda mati sesudah terminal negatif di lepaskan karenanya metode pada pengisian bermasalah. Melainkan kalau mesin hidup sesudah terminal negatif dilepas karenanya metode pengisian berprofesi secara normal.

Baca Juga7 Deretan Mobil Yang Memiliki Teknologi Canggih dengan Tenaga Mesin yang Besar

 

4. Memanaskan Kendaraan

Kalau anda jarang mengaplikasikan mobil untuk bepergian karenanya anda juga patut tau sistem merawat aki mobil anda dengan sistem memanaskan mobil tiap hari, sedangkan tak akan anda pakai untuk pergi. Sebab pada dasarnya segala aki mobil akan mengalami self discharge sebab kapasitas aki akan berkurang sedangkan mobil tak di pakai.

Itu merupakan salah satu alasan kenapa kendaraan itu yang telah di diamkan lama berminggu – pekan pun hingga berbulan – bulan aki pada kendaraan anda dapat mengalami kerusakan dan tak kuat untuk menghidupkan mesin kendaraan anda.

Karenanya dapat anda kenal seberapa besar pentinya untuk memanaskan kendaraan. Dalam memanaskan kendaraan anda cuma memerlukan waktu selama 15 menit – 20 menit tiap hari nya. Melainkan bila mobil anda di pakai tiap hari karenanya cara kerja untuk memanaskan nya tak hingga 20 menit, anda dapat memanaskan cuma dengan waktu 15 menit saja sebelum di pakai.

 

5. Tune Up secara Rutin

Kecuali dari yang telah di jelaskan di atas karenanya sistem lain untuk merawat aki kendaraan mobil merupakan dengan menjalankan secara rutin tune up. Sebab pada sebab nya kalau dikala anda menjalankan tune up, baterai atau aki mobil jumlah elektrolitnya akan diperiksa, mobil terminal aki juga akan di periksa. Aki merupakan vital bagi kendaraan sehingga menmang merupakan untuk di rawat supaya dapat bertahan lama dan tak gampang rusak.

 

6. Menghidupkan Mesin dikala tak ada bobot

Sistem merawat aki mobil berikutnya merupakan menghindari menghidupkan bobot – bobot yang berat dikala mau menghidupkan mesin mobil, seperti lampu utama, tv, radio dan lain sebagainya. Kalau mesin dalam kondisi mati dan mesin mati dalam kondisi yang lama karenanya kapasitas baterai akan terkuras dan lama – lama aki mobil anda akan tekor dan tak akan tak untuk menjalankan stater. Karenanya periksalah pada metode pengisiannya.

 

8. Memeriksa Kwalitas Aki

Dalam perawatan aki mobil ini untuk mobil hasil yang akan memperoleh rupanya mudah aki mobil yang anda pakai karenanya anda dapat mengaplikasikan alat yang namanya batteray load tester. Kalau anda telah mengaplikasikan alat ini untuk mengetes aki anda karenanya mudah aki anda dapat dapat apakah aki masih bagus atau telah tak bagus.

Kalau anda telah menjalankan hal yang telah di telah kan di atas untuk merawat aki mobil supaya baterai aki mobil anda dapat awet dan dapat lama sebab kalau di pakai dengan bagus dan di rawat, aki mobil akan bertahan dalam waktu 3 – 5 tahun melainkan semuanya tergantung dengan tapi anda. Tiap aki mobil mempunyai waktu keawetan yang berbeda – beda sebab dalam sebab mobil sendiri ada yang di mobil tiap hari dan ada juga yang di mobil seminggu sekali.

Supaya anda tak salah dalam membedakan terminal aki yang positif (+) dengan terminal aki yang negatif (-) anda dapat mengamati secara mengamati aki nya jasmaniah adalah dengan mengamati terminal aki yag positif (+) mempunyai ukuran yang lebih besar kalau di bandingkan dengan terminal aki yang (-).

 

Mengatasi Aki Tekor

Aki mobil dapat saja tekor di dikala yang tak anda kenal, karenanya ini ada maka sistem yang dapat anda pakai bila aki mobil anda tekor :

 

  1. Aki Tekor Terus
  • Memperhatikan volume aki masih berada di lower atau upper. Sebab dapat disebabkan karna salah satu sel aki kering atau aki dapat berada di bawah garis lower.
  • Kekeringan air aki, karenanya tambah kan air aki kemudian di charger accu.
  • Memeriksa tegangan pada pengisian dari alternator yang dikerjakan pada dikala mesin mobilmasih dalam kondisi hidup.

 

  1. Aki Tekor di Perjalanan
  • Dengan sistem sistem mobil.
  • Menginjak kopling mobildan memasukkan tuas transmisi 2
  • Dorong mobilsejauh 5 meter kalau dalam kondisi rata, Apabila dalam kondisi kondisi tak perlu di dorong sejauh itu.
  • Lepas pedal kopling tak mobil

 

Sistem di atas dapat anda lakukan kalau mobil yang anda kendarai aki nya tekor hingga 8 Volt. Melainkan bila tegangan aki telah habis dan dengan adanya telah lampu indikator yang tak menyala tak atau dapat di bilang redup yang berada di dashboard karenanya dengan sistem sistem mobil seperti yang di atas karenanya dapat menghidupkan mesin mobil, secara khusus kalau yang anda pakai merupakan mesin injeksi.

Kalau mobil yang anda kendarai telah hidup karenanya biarkan terutama dulu supaya aki mobil dapat terisi dengan setrum yang disalurkan oleh Alternator, kemungkinan lamanya cuma sekitar 15 hingga 30 menit, dalam hal ini anda hingga lampu di dashboard apakah nyala atau mati dikala mesin masih hidup. Kalau lampu aki di dashboard nyala di dikala mesin hidup karenanya periksalah pada komponen alternator atau dinamo mobil.

Kalau telah selama 15 menit mobil di hidupkan dan lampu pada aki di dashboard telah tak menyala dikala mesin mobil hidup karenanya mesin telah dapat di matikan dan mencoba menghidupkan kembali dengan sistem di stater untuk menguji aki mobil anda apakah masih mobil setrum atau tak.

Aki dapat tekor kalau sedang di pakai dalam perjalanan sebab salah satu sebab merupakan kerusakan dinamo isi sehingga pengisisan aki tak dapat dapat dikala mesin mobil di hidupkan.

Baca Juga: Promo Suzuki Cianjur Terbaru 2019

Stefan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Cara Memilih Wiper Murah Mobil Terbaik

Wed Sep 11 , 2019
Info Mobil Indonesia – Aki merupakan salah satu komponen dari kendaraan yang amat penting bagus itu motor atau mobil. Sebab aki berfungsi untuk menyalurkan kekuatan listrik ke komponen yang lain nya seperti starter, lampu, dan lain nya. Namun dari beberapa orang yang mempunyai kendaraan amat tak terlalu menghiraukan komponen yang […]
5 cara memilih wiper mobil murah terbaik