Berikut Ini 5 Hal Cara Mengetahui Keaslian Odometer

Salah satu nilai penting dikala membeli mobil bekas merupakan mengenal berapa kilometer mobil hal yang demikian. Akan melainkan apakah Anda yakin bahwa kilometer yang tertera autentik ?

Tak jarang penjual mobil bekas yang tak jujur memutar balik odometer demi menaikkan harga jual. Bagaimana mendeteksi mobil yang telah tak autentik kilometer nya?

Observasi 5 hal di bawah ini untuk menetapkan originalitas kilometer mobil yang akan Anda beli.

1. Keadaan Lahiriah Kendaraan

Jarak tempuh mobil bisa kita ukur dari situasi lahiriah nya. Kendaraan yang telah mencapai jarak jauh, akan menampilkan petunjuk penerapan yang susah untuk disembunyikan, khususnya pada interior, mesin dan kaki-kaki.

Observasi apakah situasi mobil menampilkan petunjuk-petunjuk mobil telah mencapai jarak jauh, seperti:

  • Interior: setir kusam atau aus, jok kulit kusam/pecah-pecah, pedal aus
  • Mesin: ruang mesin berkerak, bunyi mesin kasar
  • Kaki-kaki: bagian kaki seperti bushing, boot, tautan stabilizer telah aus/pecah

Jikalau Anda menemukan salah satu petunjuk di atas, melainkan kilometer masih rendah, Anda perlu lebih berhati-hati.

Baca Juga: showroom toyota pamanukan subang

 

2. Histori/Catatan Servis

Membeli mobil bekas dengan service record komplit di bengkel legal merupakan sistem paling tepat sasaran untuk meminimalisir kemungkinan manipulasi odometer. Cukup cek catatan servis terakhir pada buku servis, lalu hubungi bengkel untuk mengkonfirmasi record di bengkel hal yang demikian layak dengan yang tertera di buku.

Sayangnya, banyak mobil tak senantiasa service di bengkel legal, pun tak jarang juga yang buku/catatan servis telah tak ada. Jikalau buku servis tak bisa dicek, karenanya Anda seharusnya memeriksa originalitas kilometer dari situasi lahiriah mobil.

 

3. Bekas Congkelan (odometer analog)

Tip ini cuma berlaku untuk mobil yang odometer nya masih manual/analog. Untuk memutar odometer analog, orang yang melaksanakan nya seharusnya membuka/mencongkel dashboard mobil.

Observasi apakah ada bekas congkelan pada dashboard, kalau iya, ini mungkin indikasi bahwa odometer telah diputar.

 

4. Tahun Pembuatan Kendaraan

Observasi tahun pembuatan mobil. Apakah kilometer layak dengan umur mobil ? Untuk mobil niaga, rata-rata penerapan menempuh kurang lebih 20.000 Km per tahun. Untuk mobil mewah yang digunakan cuma pada akhir minggu, sangkaan penerapan sekitar 10.000 Km per tahun.

Jikalau kilometer mobil jauh lebih rendah diperbandingkan dengan umur nya, jangan sungkan untuk bertanya lebih lanjut terhadap pemilik kendaraan. Pastikan bagaimana pola penerapan mobil hal yang demikian, apakah pemilik adalah pemilik pertama atau bukan.

 

5. Ban Kendaraan

Pada biasanya ban mobil perlu diganti sesudah kilometer mobil menempuh 30 – 35.000 Km. Untuk itu Anda perlu amati apakah seluruh ban mobil masih asli kalau kilometer mobil masih di bawah angka hal yang demikian.

Demikian ini bisa Anda lakukan dengan mencocokan tahun pembuatan mobil dengan tahun ban. Jikalau ban mobil telah tak asli meskipun kilometer masi rendah, Anda perlu menyelidiki lebih lanjut karena ban hal yang demikian diganti.

Kiat dari Info Mobil Indonesia, semoga ke-5 kiat di atas bisa mengurangi resiko Anda membeli mobil yang odometer nya telah diputar.

Stefan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Periksa 6 Komponen Ini Pada Kendaraan Setelah Dipakai Liburan

Tue Oct 15 , 2019
Salah satu nilai penting dikala membeli mobil bekas merupakan mengenal berapa kilometer mobil hal yang demikian. Akan melainkan apakah Anda yakin bahwa kilometer yang tertera autentik ? Tak jarang penjual mobil bekas yang tak jujur memutar balik odometer demi menaikkan harga jual. Bagaimana mendeteksi mobil yang telah tak autentik kilometer […]
https://www.mazdabsdcity.co.id/