5 Hal yang Harus Dicek Untuk Melihat Orisinalitas dari Mobil Bekas

Meskipun “statusnya” mobil bekas, tetapi tak senantiasa kondisinya tak terawat dan penuh permasalahan. Empat yang telah berusia puluhan tahun sekalipun, kondisinya dapat saja masih cukup bagus. Seluruh itu tergantung kerapian pemilik sebelumnya.

Mobil-mobil bekas yang masih dalam keadaan absah ini tentu saja punya skor yang lebih di mata calon pembeli. Anda yang mungkin tertarik, juga dapat mengecek sendiri kondisinya, via sebagian indikator berikut ini.

Baca Juga: Suzuki Hr Muhammad

 

  1. Tak ada bekas dempulan

Bodi yang belum pernah dibetulkan, tentu nilainya lebih bagus dibanding yang telah pernah masuk bengkel bodi. Sistem simpel untuk tahu, kita dapat mengetuk-ngetuk sebagian komponen bodi dengan jari. Jikalau telah dibetulkan, suara yang muncul akan terasa kurang nyaring. Rasanya seperti bunyi yang berat dan bukan nyaring seperti kaleng.

 

  1. Bodi yang mulus

Kemulusan bodi memang bukan jaminan bahwa mobil tak pernah bermasalah. Melainkan paling tak, dari bodi yang relatif tak banyak cacat, kita dapat mengevaluasi kualitasnya. Apalagi bila pemilik sebelumnya rajin merawat sehingga bodi menonjol kinclong seperti baru.

Bagi beberapa orang, mulusnya bodi dianggap mewakili keadaan lazim mobil hal yang demikian. Melainkan konsisten saja kita patut konsisten jeli supaya tak terlalu percaya seperti itu saja dari penglihatan sekilas.  

Baca Juga: Suzuki Mayjen Sungkono

 

  1. Tak ada bekas tubrukan

Jejak-jejak riwayat tubrukan memang dapat ditutupi dengan koreksi bodi. Melainkan dengan pengecekan yang jeli, kita konsisten dapat mengenal adanya bekas tubrukan, secara khusus tubrukan hebat.

Cirinya antara lain celah antarbodi yang bergeser, atau bahkan diganti. Sambungan antarpanel pasti juga tak simetris dan tak terlihat rata.

 

  1. Interior masih terlihat orisinil

Mobil yang telah diaplikasikan bertahun-tahun, lazimnya akan terefleksi dari keadaan interiornya. Entah telah dimodifikasi sedemikian rupa atau memang diganti sebab rusak. Aksesoris lazimnya juga telah banyak yang sirna.

Keadaan interior ini juga yakni cerminan orisinalitas dan perawatan dari pemilik. Sekiranya di komponen interior terlihat terawat, tak banyak yang rusak, dan tak diganti, karenanya keadaan itu terasa cukup istimewa.

 

  1. Cat masih orisinil dari baru

Meskipun memperoleh perawatan yang bagus, cat mobil lama pasti tak secemerlang mobil yang baru keluar dari diler. Pada komponen tertentu akan terlihat terpengaruh umur. Melainkan itu wajar, sebab pengaplikasian mobil yang sering kali (apalagi harian) tentu berakibat pada kwalitas cat.

Mobil yang belum pernah dicat ulang alias masih mengaplikasikan cat yang sama sedari baru, tentu saja jadi skor plus. Karena, itu artinya orisinalitasnya terjaga dan memperoleh perlakuan yang hati-hati dari pemilik sebelumnya.

 

Apa yang sebaiknya kita pertimbangkan?

Memilih mobil bekas yang layak dengan keperluan kita memang tak senantiasa mulus kondisinya. Sebab itu kita patut akurat dalam memilih, supaya tak memunculkan kerugian di kemudian hari. Salah satunya, pertimbangan soal orisinalitas.

Baca Juga: Suzuki Basuki Rahmat

derry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sebelum Membeli Mobil Bekas, Lakukan 5 Hal Ini Saat Melakukan Test Drive

Thu Nov 7 , 2019
Meskipun “statusnya” mobil bekas, tetapi tak senantiasa kondisinya tak terawat dan penuh permasalahan. Empat yang telah berusia puluhan tahun sekalipun, kondisinya dapat saja masih cukup bagus. Seluruh itu tergantung kerapian pemilik sebelumnya. Mobil-mobil bekas yang masih dalam keadaan absah ini tentu saja punya skor yang lebih di mata calon pembeli. […]
test drive mobil bekas